Jumat, 30 Agustus 2013

Penampakan ''Blue Moon'' di Bumi


Ketika melihat bulan kemarin, apakah Anda menemukan sesuatu yang berbeda? Fenomena alam bulan biru atau blue moon tampak di berbagai belahan dunia kemarin malam. Bulan biru terbilang jarang terjadi dan baru akan kembali menampakkan diri pada Juli 2015.

Awalnya, fenomena bulan biru sebenarnya merupakan penampakan bulan penuh ketiga dalam sebulan. Tapi, pada 1946, definisi ini berubah. Bulan biru terjadi dalam penampakan bulan penuh yang kedua dalam sebulan. Bulan biru yang terjadi kemarin adalah penampakan bulan penuh kedua selama bulan Agustus. Bulan penuh pertama terjadi pada 1 Agustus lalu.


Siklus penampakan bulan penuh mencapai 29,5 hari. Jadi, ketika bulan penuh tampak untuk kedua kalinya dalam bentuk bulan biru, hal ini menjadi sebuah fenomena alam yang ditunggu-tunggu. Walaupun disebut blue moon, warna bulan tidak serta-merta menjadi biru. Istilah blue moon muncul karena peristiwa alam ini jarang terjadi, hanya dalam dua atau tiga tahun sekali. Orang kemudian menyebutnya blue moon, sesuai dengan idiom yang berkembang di Barat untuk menggambarkan hal ini jarang terjadi.

Di Macedonia, fenomena bulan biru tampak merah. Sementara di Athena, bulan biru justru terlihat putih kekuning-kuningan. Di Palestina, bulan biru juga terlihat biru kekuning-kuningan. Tapi, di Ekuador, bulan biru tampak putih kebiru-biruan. Di Damskus, bulan biru terlihat putih dengan beberapa bagian berwarna biru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar