Rabu, 06 Juni 2012

Urutan Orang Kecanduan Narkoba

Narkoba bisa mengintai siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah dewasa dan menyebabkan kecanduan. Lalu bagaimana urutan seseorang bisa menjadi kecanduan?

"Semua jenis narkoba hanya memberikan kepuasan yang semu dan berakhir pada kecanduan. Untuk itu diharapkan remaja dan orang-orang tidak mulai coba-coba," ujar Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, PhD, FACP saat dihubungi detikHealth, Rabu (6/6/2012).

Prof Samsuridjal menuturkan seseorang yang sudah mulai mencoba-coba narkoba maka itu sama saja seperti memasukkan diri ke lumpur hisap yang akan membuatnya mudah masuk ke dalam dan sulit untuk keluar.

Orang yang merokok memang umumnya lebih mudah untuk masuk dan terjerumus ke dalam lembah narkoba. Hal ini karena rokok mengandung tembakau yang merupakan zat yang bisa menimbulkan kecanduan.

"Orang yang sudah mencoba rokok akan lebih sulit menolak narkoba, sehingga ia akan lebih mudah untuk mencoba dan terjerumus dengan narkoba," ujar Prof Samsuridjal yang juga pendiri Yayasan Pelita Ilmu.

Prof Samsuridjal menjelaskan kalau seseorang tidak mencoba rokok maka ia tidak akan mudah mencoba narkoba karena memiliki pengendalian diri yang bagus, serta bisa memiliki keputusan sendiri sebagai pribadi mandiri.

Selain dari rokok, kecanduan narkoba ini juga dimulai dari coba-coba yang kebanyakan berasal dari bujukan teman-teman atau lingkungan di sekitarnya yang juga menggunakan narkoba.

"Sebaiknya tidak merangsang orang atau remaja untuk ingin tahu, karena awalnya dari coba-coba yang didorong atau didesak oleh teman-teman sehingga memicu kecanduan," ujar Prof Samsuridjal.

Biasanya saat mencoba-coba ini ia akan diberi secara gratis oleh si pengedar yang kadang adalah teman atau saudaranya sendiri. Namun lama kelamaan ketika ia sudah kecanduan dengan zat tersebut maka ia diharuskan membeli sendiri.

Saat ia sudah harus membeli sendiri ini orang akan melakukan segala cara agar bisa mendapatkan barang tersebut, mulai dari menjual barang-barang pribadi, keluarga bahkan hingga dirinya sendiri demi bisa mendapatkan barang haram tersebut.



Sumber : Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar